Perkembangan Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Pendapat mengenai perkembangan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari



Bahasa adalah alat komunikasi antara individu yang satu dengan individu yang lainnya, antara anggota masyarakat yang satu dengan anggota masyarakat yang lainnya. Berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mungkin ada yang keberatan dengan mengatakan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk mengadakan komunikasi, tetapi kenyataannya ada juga manusia yang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat.



Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan menggunakan media perantara. Bahasa haruslah merupakan sebuah bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.



Menurut pendapat saya bahasa di Indonesia mempunyai ciri khas di setiap daerahnya. Banyaknya bahasa daerah yang terdapat di Indonesia membuat suatu keragaman yang indah dan sangat berarti bagi setiap insan manusia. Keragaman tersebut tidak lepas dari banyaknya suku bangsa di Indonesia. Oleh karena itu, untuk mempersatukan semua bahasa daerah yang beragam tersebut dibutuhkan suatu bahasa nasional yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bahasa Indonesia.



Banyaknya bahasa daerah di Indonesia tidak lepas dari perkembangan bahasa Indonesia itu sendiri. Kalau diteliti lebih dalam dan lebih luas, ada sisi positif dan negatifnya, ada kemajuan dan kemundurannya tentang perkembangan bahasa Indonesia. Dilihat dari sisi negatifnya, banyak orang menggunakan bahasa Indonesia hanya dalam acara-acara formal saja. Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari orang cenderung menggunakan bahasa Indonesia yang kurang baik dan tidak baku serta tidak mengikuti kaedah-kaedah yang berlaku atau tidak mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Menurut pandangan saya sebagai mahasiswa, banyak orang yang menggunakan bahasa Indonesia dengan cara keinggris-inggrisan. Sedangkan aturan EYD itu sendiri dilanggar dan tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yang ada cuma bahasa Indonesia yang tidak baku dan tidak benar. Sekarang kalau kita lihat dari sisi positifnya, bahasa Indonesia mempunyai peranan yang sangat besar dalam mempersatukan setiap Bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga sudah dipergunakan dalam dunia pendidikan dan bisnis.



Disamping ada bahasa Indonesia, tentunya ada bahasa asing yang harus kita ketahui dan kita pelajari. Misalnya bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Dengan bisanya kita berbahasa asing, kita tidak akan dikatakan bodoh oleh bangsa yang lainnya. Tentunya dengan tidak melupakan bahasa Indonesia itu sendiri. Perkembangan bahasa di Indonesia akan semakin berkembang jika di setiap kepala mau untuk menjaga kemurnian dan keapsahan bahasa Indonesia itu sendiri yang sudah ada sejak zaman nenek moyang dahulu. Pada intinya bahasa adalah suatu keragaman dan kebanggaan yang harus kita jaga. Kalau bukan kita, siapa lagi yang menggunakan bahasa Indonesia.



Oleh karena itu, untuk menjaga bahasa Indonesia agar tidak punah adalah dengan cara memakainya dalam kehidupan sehari-hari dan menjaga kemurnian serta keapsahannya. Jangan sampai bahasa yang kita cintai ini direbut oleh bangsa lain yang tidak bertanggung jawab. Akhir kata, marilah kita lestarikan bahasa Indonesia!

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Chat Me

Followers Me

Total Tayangan Laman

About Me

Foto saya
Babatan, Bengkulu, Indonesia

Search This Blog

News By Kompas

Sample Text

Thank you for Visiting Our Blog